Minggu, 06 Juli 2008

KPI Tegur Trans TV dan Global TV soal Materi Tayangan

Sudah lama dikeluhkan betapa tayangan TV Indonesia tidak aman buat keluarga di rumah. Inilah satu buktinya versi KPI.

Maju terus KPI. Lindungi keluarga Indonesia.


Sumber: detikcom

07/07/2008 12:34 WIB
Extravaganza Trans TV Terancam Distop KPI
Chairina Fatia - detikcom

Jakarta - Acara Extravaganza yang ditayangkan Trans TV kembali mendapat teguran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Acara komedi yang dinilai mengandung unsur pelecehan itu pun terancam dihentikan penayangannya.

"Extravaganza Trans TV, yang sebelumnya pernah mendapat teguran, kali ini teguran terakhir. Apabila Trans TV tidak memperbaiki juga tayangan ini, KPI meminta untuk tayangan ini dihentikan," kata anggota KPI pusat Yazirwan Uyun di Kantor KPI, Jl Gadjah Mada, Jakarta Pusat, Senin (7/7/2008).

Yazirwan menjelaskan, keputusan itu dihasilkan dari pantauan KPI terhadap tayangan televisi periode 1-13 Mei 2008. Selain Extravaganza, ada 3 tayangan televisi yang juga dinilai bermasalah dan mendapatkan teguran pertama.

Selain Extravaganza, 2 program Trans TV lain juga mendapatkan teguran. 2 Program itu adalah Ngelenong Nyok dan Suami-suami Takut Istri. Kartun tentang bajak laut One Piece dari Global TV pun turut ditegur.

Menurut Yazirwan, tayangan-tayangan itu mengandung kekerasan, pelecehan terhadap kelompok masyarakat, tidak melindungi kepentingan anak-anak, dan tidak sesuai dengan norma kesopanan serta kesusilaan.

KPI, lanjut dia, memberi peringatan pertama bagi ketiga tayangan ini. Jika tidak berubah akan kembali mendapat teguran kedua yang merupakan teguran terakhir.

"Tim KPI memantau 3 sampai 4 jam tayangan-tayangan itu. Hasil kerjanya dicek dua kordinator tim analis dan membawa ke dewan juri, kemudian dirapatkan dengan Dewan Komisioner KPI," kata Yazirwan.

Dia menjelaskan, tim panelis diketuai oleh Prof Dr Arif Rahman dengan Wakil Ketua Dedi Nur Hidayat. Anggotanya terdiri dari Seto Mulyadi, Nina Armando, Bobby Guntarto, Razaini Taher dan dibantu 11 analis. ( fiq / nwk )

--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

Tidak ada komentar: