Jumat, 11 April 2008

Survei: Warga Idamkan Kota Maritim

http://www.tribun-timur.com/view.php?id=72479&jenis=Kota

Jumat, 11-04-2008 
Warga Idamkan Makassar Jadi Kota Maritim
Makassar, Tribun - Mayoritas warga di kota ini menginginkan dan mengidamkan Makassar menjadi Kota Maritim dengan pemanfaatan potensi laut dan kawasan pesisir secara maksimal.
Dalam Rencana Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2006 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2006-2015 akan memuat paradigma pembangunan kota internasional dan memuat lima visi Makassar sebagai kota maritim, niaga, pendidikan, budaya, dan jasa.
"Berdasarkan survei yang kami lakukan, sekitar 65 persen lebih masyarakat menginginkan Makassar menjadi kota maritim. Dan memang dilihat dari historis kita pernah jadi kota besar karena laut. Pemerintahan yang kuat, berwawasan maju dan global, kuncinya adalah laut," kata Konsultan Tata Ruang, Danny Pomanto di kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Jl Tentara Pelajar, Kamis (10/4).
 
Danny memaparkan master plan pengembangan Kampus PIP Makassar menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) usai upacara Pelantikan Pelatihan Pelayaran Besar dan Wisuda Program Diploma IV Pelayaran bidang keahlian nautika, teknika, serta keahlian manajemen angkutan laut dan kepelabuhanan.
Survei yang dilakukan terhadap 2.031 responden di kota ini juga menyebutkan masyarakat yang menginginkan Makassar menjadi kota jasa niaga dan budaya yang diisi aneka mal dan pusat perbelanjaan hanya 44,079 persen, dan sebagai kota pendidikan berada pada peringkat terakhir.
Dalam rencana tata ruang, kawasan maritim Makassar sepanjang 500 hektare (termasuk kawasan reklamasi) terdiri atas pelabuhan perikanan nusantara, energi, pengembangan pelabuhan, Pantai Losari, Tanjung Bunga, Theme Park Internasional, termasuk pembangunan kampus baru PIP Makassar di kawasan Untia (samping Pelabuhan Perikanan Nuasantara).

PIP Jadi Serkolah Tinggi
Direktur PIP Makassar, Ir Agus Budi Hartono MmarE, mengatakan, rencananya, PIP akan menjadi sekolah tinggi tahun 2009. Saat ini, pihaknya bersama konsultan juga sedang melakukan studi kelayakan rencana pemindahan kampus di kawasan maritim terpadu.
Dijelaskannya pengembangan kampus ke depannya, sebagai suatu keharusan untuk meningkatkan daya serap, perbaikan sarana dan prasarana, maupun peningkatan kualitas pendidikan.
"Mudah-mudahan dalam waktu cepat ini sudah terealiasi. Nantinya, pemkot (pemerintah kota) menyiapkan lahan dan dana pembangunan diharapkan berasal dari Departemen Perhubungan RI," katanya.

--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

Tidak ada komentar: