Jumat, 15 Februari 2008

SEKILAS TV PROGRAMMING

SEKILAS TV PROGRAMMING

(Drs.Wardi Wahid, MM - www.tvconsulto.com)

KEGIATAN PROGRAMMING MENCAKUP:

  • Pemantauan dan pengkajian kecenderungan masyarakat dan kompetitor serta mengelola persaingan.
  • Penyusunan pola acara dan kriteria acara.
  • Penetapan sumber program.
  • Pemilihan dan penetapan program.
  • Pengembangan program.
  • Penyusunan acara harian (Run Down).
  • Persetujuan produksi.
  • Penilaian bahan siaran
  • Pemantauan siaran

cons1.gif

APAKAH PROGRAMMING ITU ?

  • Dari sudut pemirsa, Programming adalah proses penyediaan materi siaran yang sesuai keinginan dan kebutuhan pemirsa yang dapat ditonton pada waktu yang paling sesuai bagi mereka;
  • Sedangkan bagi stasiun TV, Programming adalah mendapatkan dan mengembangkan program serta menjadwalkan penyiaraannya agar dapat menarik sebanyak mungkin pemirsa dan bersaing dengan seluruh kompetitor yang ada.

WAKTU

  • Waktu yang paling sesuai bagi pemirsa untuk menonton acara TV adalah diluar waktu yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari (seperti diluar waktu kerja, waktu sekolah, tidur dan lain-lain), biasa disebut sebagai Prime Time.
  • Periode Prime Time merupakan waktu yang paling potensial untuk banyak penontonnya dan kesempatan terbesar untuk bersaing dengan stasiun lainnya.
  • Prime Time dapat berbeda-beda untuk setiap negara, dan dapat dikelompokkan atas : Morning Time, Afternoon Prime Time, dan Evening Prime Time.

HAL YANG PENTING DIPERHATIKAN DALAM PROGRAMMING ANTARA LAIN:

  1. Jangkauan siaran (Nasional atau Lokal);
  2. Audience Research
  3. Penjadwalan (Pola waktu masyarakat, Target Audience dan lain-lain.
  4. Isi program
  5. Konteks program
  6. Variasi program
  7. Kombinasi terbaik (optimal) antara idealisme dan kepentingan bisnis (Profit)

cons2.gif

FAKTOR-FAKTOR LAIN YANG HARUS DIPERHATIKAN OLEH SETIAP ORANG DI INDUSTRI TELEVISI ADALAH :

  • Market Structure
  • Distribution
  • Programme Supply
  • Branding and Retailing
  • Revenue

MARKET STRUCTURE

  1. Struktur pasar tidak stastis
  2. Kemampuan suatu stasiun untuk bertahan sebagai stasiun dominan tergantung pada pengelolaan beberapa asset:
    Kuncinya antara lain :
      • Jangkauan Siaran (Coverage)
      • Image organisasi, Kanal dan program yang kuat
      • Top manajemen yang ahli
      • Kemampuan memproduksi (In-House)
      • Kontrak yang kuat dengan Program Suppliers
  3. Bagi stasiun penyiaran yang ingin bertahan tetap dominan bertahun-tahun harus mempertahankan kepemimpinan dan keunggulannya dalam hal sumber dan distribusi program.
  4. Sedangkan bagi pemain baru harus mengambil langkah strategis, apakah akan bersaing secara Head To Head dengan pemimpin pasar atau bergerak di bidang komplimenternya.
      • Bintang pengisi acara
      • Manajemen berpengalaman
      • Keahlian teknis
      • Rating tinggi
      • Penerimaan tinggi
      • Dukungan politis
  5. Namun harus diperhatikan pula hambatan atau kelemahan sebagai berikut:

Struktur pasar tidak stastis

    • Birokratis
    • Tidak bisa berkompetisi
    • Biaya tetap yang tinggi
    • Biaya Variabel yang tinggi
    • Kewajiban kepada publik (PSO)

DISTRIBUTION

Jaringan distribusi (transmisi) sangat penting bagi stasiun TV, tidak ada gunanya program yang bagus bila tidak ada yang dapat melihatnya.

PROGRAMME SUPPLY

  • Produksi sendiri (In-House Production)
  • In-House Production Facility (Studio, Peralatan dan Tim Produksi yang terampil) merupakan salah satu kekuatan stasiun TV dan tidak mudah ditiru kompetitor dengan cepat dan mahal.
  • Kekuatan lainnya dari suatu stasiun TV adalah pada Berita (News)
  • Dibeli
  • Produksi kerjasama (Co Production atau Joint Venture)

BRANDING AND RETAILING

  1. Marketing dan promosi merupakan bagian yang kritis bagi stasiun TV.
  2. Stasiun TV dapat membangun Image Brand Marketing pada beberapa level, seperti:

Marketing dan promosi merupakan bagian yang kritis bagi stasiun TV.

    • Perusahaan (The Company)
    • Kanal (The Channel)
    • Penempatan acara harian (The Daypart)
    • Program
    • Pembawa acara (The Presenter)
    • Segmen
    • Barang Souvenir (Merchandising)

REVENUE

License Fee

  • Advertising Revenue
  • Subscription
  • Subsidi Pemerintah
  • Hibah
  • Usaha Non Siaran (Merchandising dan lain-lain)

cons3.gif
ADVERTISING

  1. Besarnya penerimaan melalui iklan ditentukan oleh : Total Advertising Air Time yang ada di pasar dan Market Share masing-masing kanal (Stasiun).
  2. Tinggi rendahnya iklan di TV dipengaruhi oleh :
    • Peraturan pemerintah yang membatasi siaran iklan;
    • Lobby media cetak

Tidak ada komentar: