SEKILAS TV PROGRAMMING
(Drs.Wardi Wahid, MM - www.tvconsulto.com)
KEGIATAN PROGRAMMING MENCAKUP:
- Pemantauan dan pengkajian kecenderungan masyarakat dan kompetitor serta mengelola persaingan.
- Penyusunan pola acara dan kriteria acara.
- Penetapan sumber program.
- Pemilihan dan penetapan program.
- Pengembangan program.
- Penyusunan acara harian (Run Down).
- Persetujuan produksi.
- Penilaian bahan siaran
- Pemantauan siaran
APAKAH PROGRAMMING ITU ?
- Dari sudut pemirsa, Programming adalah proses penyediaan materi siaran yang sesuai keinginan dan kebutuhan pemirsa yang dapat ditonton pada waktu yang paling sesuai bagi mereka;
- Sedangkan bagi stasiun TV, Programming adalah mendapatkan dan mengembangkan program serta menjadwalkan penyiaraannya agar dapat menarik sebanyak mungkin pemirsa dan bersaing dengan seluruh kompetitor yang ada.
WAKTU
- Waktu yang paling sesuai bagi pemirsa untuk menonton acara TV adalah diluar waktu yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari (seperti diluar waktu kerja, waktu sekolah, tidur dan lain-lain), biasa disebut sebagai Prime Time.
- Periode Prime Time merupakan waktu yang paling potensial untuk banyak penontonnya dan kesempatan terbesar untuk bersaing dengan stasiun lainnya.
- Prime Time dapat berbeda-beda untuk setiap negara, dan dapat dikelompokkan atas : Morning Time, Afternoon Prime Time, dan Evening Prime Time.
HAL YANG PENTING DIPERHATIKAN DALAM PROGRAMMING ANTARA LAIN:
- Jangkauan siaran (Nasional atau Lokal);
- Audience Research
- Penjadwalan (Pola waktu masyarakat, Target Audience dan lain-lain.
- Isi program
- Konteks program
- Variasi program
- Kombinasi terbaik (optimal) antara idealisme dan kepentingan bisnis (Profit)
FAKTOR-FAKTOR LAIN YANG HARUS DIPERHATIKAN OLEH SETIAP ORANG DI INDUSTRI TELEVISI ADALAH :
- Market Structure
- Distribution
- Programme Supply
- Branding and Retailing
- Revenue
MARKET STRUCTURE
- Struktur pasar tidak stastis
- Kemampuan suatu stasiun untuk bertahan sebagai stasiun dominan tergantung pada pengelolaan beberapa asset:
Kuncinya antara lain : - Jangkauan Siaran (Coverage)
- Image organisasi, Kanal dan program yang kuat
- Top manajemen yang ahli
- Kemampuan memproduksi (In-House)
- Kontrak yang kuat dengan Program Suppliers
- Bagi stasiun penyiaran yang ingin bertahan tetap dominan bertahun-tahun harus mempertahankan kepemimpinan dan keunggulannya dalam hal sumber dan distribusi program.
- Sedangkan bagi pemain baru harus mengambil langkah strategis, apakah akan bersaing secara Head To Head dengan pemimpin pasar atau bergerak di bidang komplimenternya.
- Bintang pengisi acara
- Manajemen berpengalaman
- Keahlian teknis
- Rating tinggi
- Penerimaan tinggi
- Dukungan politis
- Namun harus diperhatikan pula hambatan atau kelemahan sebagai berikut:
Struktur pasar tidak stastis
- Birokratis
- Tidak bisa berkompetisi
- Biaya tetap yang tinggi
- Biaya Variabel yang tinggi
- Kewajiban kepada publik (PSO)
DISTRIBUTION
Jaringan distribusi (transmisi) sangat penting bagi stasiun TV, tidak ada gunanya program yang bagus bila tidak ada yang dapat melihatnya.
PROGRAMME SUPPLY
- Produksi sendiri (In-House Production)
- In-House Production Facility (Studio, Peralatan dan Tim Produksi yang terampil) merupakan salah satu kekuatan stasiun TV dan tidak mudah ditiru kompetitor dengan cepat dan mahal.
- Kekuatan lainnya dari suatu stasiun TV adalah pada Berita (News)
- Dibeli
- Produksi kerjasama (Co Production atau Joint Venture)
BRANDING AND RETAILING
- Marketing dan promosi merupakan bagian yang kritis bagi stasiun TV.
- Stasiun TV dapat membangun Image Brand Marketing pada beberapa level, seperti:
Marketing dan promosi merupakan bagian yang kritis bagi stasiun TV.
- Perusahaan (The Company)
- Kanal (The Channel)
- Penempatan acara harian (The Daypart)
- Program
- Pembawa acara (The Presenter)
- Segmen
- Barang Souvenir (Merchandising)
REVENUE
License Fee
- Advertising Revenue
- Subscription
- Subsidi Pemerintah
- Hibah
- Usaha Non Siaran (Merchandising dan lain-lain)
ADVERTISING
- Besarnya penerimaan melalui iklan ditentukan oleh : Total Advertising Air Time yang ada di pasar dan Market Share masing-masing kanal (Stasiun).
- Tinggi rendahnya iklan di TV dipengaruhi oleh :
- Peraturan pemerintah yang membatasi siaran iklan;
- Lobby media cetak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar